Sunday 13 September 2015

Video Pengantar Teknologi Pangan

Pengantar teknologi pangan merupakan suatu gambaran mengenai ilmu-ilmu teknologi pangan.

Pada kelas pengantar teknologi pangan, ditampilkan beberapa video yang berkaitan dengan dunia dalam teknologi pangan. Penjelasan beberapa video tersebut akan dijabarkan sebagai berikut :

1. Memanen buah
    Pada video ditampilkan sebuah teknologi dalam memanen buah dengan menggunakan mesin yang akan mengguncang pohon yang akan dipanen dengan kencang, sehingga buah-buah yang siap dipanen akan terjatuh ke bawah dengan sendirinya.

2. Pemotongan
    Terdapat beberapa teknik dalam melakukan pemotongan masal di pabrik seperti pemotongan babi, sapi dan ikan. Pada pemotongan sapi, terdapat suatu alat yang dapat membuat sapi yang akan dipotong menjadi pingsan. Sapi yang telah pingsan kemudian diikat kakinya dan dibalikkan dengan posisi kepala di bawah dan dibawa ke mesin selanjutnya untuk dipotong. Ikan yang telah disortir atau dikelompokkan sesuai dengan ukurannya kemudian dipotong oleh mesin pemotong yang berjalan.

3. Pengairan dan penyemprotan hama
   Pada video, terdapat suatu ladang bunga matahari yang sangat luas. Jika ladang seluas itu harus disiram dan disemprotkan hama satu per satu, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Pada video, ditampilkan suatu cara yang sangat praktis dan efektif yaitu pesawat yang dapat menyirami dan menyemprotkan hama dari atas secara sekaligus.
    

No comments:

Post a Comment