Friday 11 September 2015

Pemerahan Susu Sapi

Dalam melakukan pemerahan susu sapi terdapat teknik-teknik yang diperlukan agar dapat melakukan pemerahan dengan baik. Berikut terdapat beberapa tujuan atau prioritas dalam memerah susu sapi :

a.       Memproduksi produk yang berkualitas
b.      Meminimalisir infeksi mastitis
Mastitis yaitu penyakit pada puting susu sapi yang bisa menular pada sapi lainnya melalui perantara manusia ketika sedang memerah sapi yang terinfeksi tersebut. Salah satu prioritas yang ingin dicapai yakni meminimalisir jumlah sapi yang terinfeksi mastitis.
c.       Susu yang bersih dan puting susu sapi yang kering
d.      Meminimalisir tingkat stress pada sapi

Tahap-tahap terbaik dalam latihan pemerahan susu yaitu :

1.      Minimize stress
Memerah susu sapi dilakukan secara serentak dalam waktu yang sama untuk meminimalisir stress pada sapi yang akan diperah.

2.      Wear gloves
Sarung tangan sangatlah penting dalam memerah sapi agar kebersihan dapat selalu terjaga. Biasanya sarung tangan yang digunakan terbuat dari nitrile maupun lateks.

3.      Clean cows
Kebersihan sapi perlu dijaga terutama di bagian puting susu sapi. Biasanya dibersihkkan dengan di lap saja, namun jika sangat kotor, barulah dicuci menggunakan air. Menggunakan air dalam membersihkan sapi sangat tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kemungkinan tingkat bakteri dalam puting susu sapi.

4.      Fore-strip
Yaitu dengan memerah puting susu sapi sekali agar terstimulasi dengan baik. Waktu untuk stimulasi puting untuk memproduksi susu sekitar 10-20 detik per sapi.

5.      Pre-dip
Puting susu dicelupkan pada suatu cairan khusus yang berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri, proses pre-dip ini dilakukan selama minimal 30 detik sebelum tahap pengeringan.­­

6.      Dry
Mengeringkan putting susu sapi harus dilakukan secara benar-benar, secara total. Jangan pernah menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan sapi yang berbeda.

7.      Attach milking units
Waktu pemasangan alat pemerah susu ini haruslah tepat waktunya yaitu sekitar 1 sampai 1,5 menit setelah stimulasi dilakukan.

8.      Remove milking units
Dalam melepaskan alat pemerah susu harus hati-hati agar tidak melukai puting susu sapi. Melepaskan alat pemerah tersebut dapat dilakukan secara manual atau otomatis. Jika secara manual, pastikan alat sudah dalam keadaan mati.

9.      Post-dip
Setelah diperah, puting susu sapi dicelupkan sekali lagi ke dalam cairan khusus yang memiliki fungsi sama yaitu membunuh bakteri-bakteri.


No comments:

Post a Comment