Wednesday 24 October 2018

TV Series Food Tech Episode 3 "Lunch Box"

Tulisan kali ini berisikan ringkasan dari sebuah video berjudul: TV Series Food Tech Episode 3 "Lunch Box"

Dalam video tersebut, disebutkan bahwa masyarakat Amerika Serikat baik anak-anak maupun orang tua gemar membawa bekal makanan dalam kotak makan yang disebut "lunch box". Makanan dan/atau minuman utama yang umumnya ditemukan dalam kotak makan tersebut terdiri dari 8 jenis yang akan dijelaskan satu per satu sebagai berikut.
1. Peanut Butter
Sunland Inc. merupakan salah satu perusahaan penghasil peanut butter yang terkenal. Jenis kacang yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan peanut butter yaitu kacang Valencia (yang sebenarnya merupakan legume, bukan kacang tanah). Kesulitan dalam produksi peanut butter terletak pada tahap pemisahan kacang dengan kulitnya dalam skala industrial. Tahapan produksi peanut butter dimulai dari pemisahan kacang dan kulit; pemanggangan; dan penggilingan. Pada jenis peanut butter yang crunchy, ditambahkan potongan kacang yang telah dicacah pada peanut butter yang telah jadi.

2. Jelly
Pembuatan grape jelly menggunakan bahan baku varietas anggur Concord yang memiliki rasa manis dan dapat tahan di cuaca dingin. Pektin merupakan bahan inti yang berperan dalam mengentalkan jus anggur hingga membentuk jelly. Wadah kosong untuk menyimpan jelly dipanaskan terlebih dahulu sebelum pengisian jelly untuk menghindari pecahnya wadah tersebut.

3. Wonder Bread
Wonder bread merupakan salah satu merek roti tawar yang terkenal di Amerika Serikat. Penambahan gula cair dengan konsentrasi 5% pada campuran adonan tepung terigu, ragi, dan beberapa jenis aditif akan memberikan aroma manis khas roti tawar Wonder bread.

4. Juice Box
Beberapa jenis minuman seperti jus dikemas menggunakan kemasan tetra pak yang merupakan jenis kemasan pangan aseptik. Kemasan tetra pak tersebut dapat menjamin kualitas produk setelah 12 bulan penyimpanan tanpa proses pendinginan. Kemasan tetra pak terdiri dari 6 lapisan yang terdiri dari 3 bahan yaitu polietilen, aluminium, dan  kertas. Juicy Juice Bottling Plant merupakan salah satu pabrik minuman yang menggunakan tetra pak untuk mengemas jus apel.

5. Baby Carrot 
California dikenal sebagai pusat wortel di dunia, dimana sekitar 90% wortel yang dikonsumsi di Amerika ditanam di sana.Varietas baby carrot pertama kali dikembangkan oleh Mira Yurosek dengan tujuan awal memanfaatkan wortel yang ditolak karena bentuknya tidak baik (hampir 70% dari panen). Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan pertanian wortel dilakukan secara otomatis menggunakan mesin. Proses pemanenan, pemindahan wortel dari ladang ke pabrik, pencucian, dan pengupasan dilakukan menggunakan mesin. Akan tetapi, proses grading wortel masih dilakukan secara manual.

6. Goldfish Crackers
Goldfish crackers merupakan camilan yang awal mulanya berasal dari Swiss. Akan tetapi, terdapat perbedaan goldfish crackers di Swiss dan Amerika, dimana di Swiss tidak menggunakan keju cheddar dan lebih cocok disebut sebagai butter crackers. Walaupun memiliki nama "Goldfish", bahan pembuatan goldfish crackers tidak melibatkan bahan baku laut, melainkan bahan baku pembuatan biskuit pada umumnya seperti tepung terigu, air, garam, gula, dan ragi, serta penambahan spices resep rahasia perusahaan serta keju cheddar. Tahap penting dalam pembuatan goldfish crackers yaitu proses laminasi yang akan menghasilkan layer-layer pada cracker (meningkatkan kerenyahan crackers).

7. Twinkies
Twinkies merupakan kue berwarna cokelat keemasan yang berisi krim vanilla yang menjadi salah satu makanan penutup favorit warga Amerika Serikat. Kepopuleran twinkies ditunjukkan dari pemasukan twinkies ke dalam nation millennium time capsule oleh Bill Clinton pada tahun 1999 sebagai objek simbol negara Amerika. Pembuatan twinkies mirip dengan proses pembuatan adonan kue pada umumnya yang meliputi tepung terigu, gula, air, dan garam; kemudian dilanjutkan pengisian krim ke dalam kue yang telah matang.

No comments:

Post a Comment