Wednesday 10 October 2018

Transitioning the Food System: A Strategic Practice Management Approach for Cities

Transisi sistem pangan dibutuhkan untuk dapat mencapai keadilan sosial. Di New York (Amerika Serikat), terdapat kegiatan Supplemental Nutrition Assistance Program (SNAP). SNAP merupakan suatu program pemerintah yang memberikan subsidi untuk masyarakat New York yang berpenghasilan rendah ( $ 58.000/tahun).

Apa yang menjadi alasan kota New York dipilih oleh departemen agrikultur Amerika Serikat (United States Department of Agriculture/ USDA) untuk melaksanakan program tersebut?
Di Eropa dan Amerika, memang sebagian besar yang ada yaitu pasar modern (supermarket). Namun, Eropa dan Amerika masih mempertahankan keberadaan pasar tradisional. Pasar tradisional tersebut tidak selalu ada setiap hari atau setiap saat (hanya dibuka pada jam-jam tertentu), dan tidak menetap (lokasi pasar tradisional berpindah-pindah menggunakan mobil). Pada pasar tradisional yang lebih dikenal dengan istilah "farmers market", pihak yang berjualan merupakan para petani secara langsung. New York merupakan kota yang sangat metropolitan dan kota perdagangan paling modern di Amerika Serikat. Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk tetap mengadakan pasar tradisional di kota New York yang modern tersebut. Pengadaan pasar tradisional di New York dapat memudahkan aktivitas para warga, misalnya restoran tidak perlu menunggu untuk membeli bahan-bahan makanan dari supermarket (yang umumnya buka pada jam lebih siang), tetapi dapat membeli bahan di pasar tradisional sehingga restoran dapat menjual makanan untuk sarapan para warga New York.

Program SNAP tersebut dilaksanakan pemerintah Amerika Serikat dengan tujuan mencapai keadilan sosial. Pemerintah memberikan jaminan sosial untuk warga yang berpenghasilan rendah untuk bertahan hidup. Awalnya pemerintah memberikan dalam bentuk kupon yang dapat digunakan untuk membeli barang-barang di toko makanan seperti farmers market, atau groceries tertentu. Subsidi yang diberikan tersebut juga diharapkan dapat menghidupi para petani (kupon subsidi digunakan dalam membeli barang di farmers market).

Dalam meningkatkan efisiensi, pemerintah menggunakan teknologi dengan mengubah kupon-kupon menjadi kartu elektronik berisi saldo/uang yang disebut Electronic Bank Transfer (EBT). Akan tetapi, yang menjadi masalah yaitu EBT tersebut tidak bisa digunakan/diterapkan di pasar-pasar tradisional seperti farmers market karena keterbatasan alat (tidak memiliki EBT reader). Dikarenakan lokasi pasar yang berpindah-pindah, penggunaan VSAT satellite untuk membantu penggunaan EBT juga sulit diterapkan. Selanjutnya, EBT tersebut kemudian digantikan dengan menggunakan sistem token. Token-token tersebut dapat digunakan di farmers market. Petani-petani yang menerima bayaran dalam bentuk token kemudian dapat menukarkan token tersebut ke GrowNYC. GrowNYC merupakan suatu organisasi yang berperan menjadi jembatan penghubung antara petani dengan pihak pemerintah (USDA) dalam memberikan subsidi kepada masyarakat NY berpenghasilan rendah.

Gambar berikut menunjukkan penggunaan token dalam berbelanja di farmers market.

Image result for farmers market tokens snap 

No comments:

Post a Comment