Thursday 13 September 2018

The Village Hub - A Sweet Sustainable Solution


Video di atas merupakan sebuah film dokumenter yang menunjukkan perubahan positif yang dibawakan oleh seorang peneliti kehutanan (forestry engineer) yaitu Dr. Willie Smits terhadap budaya masyarakat daerah Tondano (Sulawesi Utara).

Beberapa wilayah di Indonesia terutama wilayah pedalaman masih memiliki banyak penduduk yang menganggur, salah satunya yaitu wilayah sekitar Tondano di Sulawesi Utara. Sebagian besar penduduk yang tidak memiliki pekerjaan tersebut mencari penghasilan melalui pengolahan nira aren. Kondisi geografis di wilayah Tondano, Sulawesi Utara tersebut mendukung pertumbuhan tanaman aren sehingga pohon-pohon aren cukup melimpah. Awalnya, penduduk sekitar hanya memanfaatkan sebagian besar nira aren tersebut untuk diolah menjadi tuak (minuman beralkohol), sedangkan pengolahan menjadi gula aren hanya sedikit. Pengolahan tuak aren tersebut juga mempengaruhi budaya masyarakat sekitar yaitu kebiasaan meminum minuman keras yang cukup intens. Mayoritas penduduk merupakan peminum tuak, bahkan pada usia yang masih muda yaitu sekitar 14 tahun.

Seorang ahli kehutanan dari luar negeri yang bernama Dr. Willie Smits kemudian mulai mengenalkan teknologi pengolahan nira aren menjadi gula aren dan bioetanol. Pengenalan teknologi oleh Dr. Willie tersebut mampu mengubah budaya minum-minum masyarakat tersebut. Nira aren yang dipanen tidak lagi diolah menjadi tuak, tetapi diproses menjadi gula aren dan bioetanol. Dr. Willie juga mengenalkan teknologi zero-waste dalam proses pengolahan nira aren tersebut, dimana menciptakan sistem yang berkelanjutan (sustainable) dengan memanfaatkan kembali produk-produk samping hasil pemrosesan nira aren.

Pengenalan dan pendekatan yang diberikan Dr. Willie tersebut mampu memberikan pengayaan teknologi, ilmu pengetahuan (membuka wawasan masyarakat), dan juga mempengaruhi pola pikir masyarakat menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

No comments:

Post a Comment