Saturday 17 October 2015

Pemisahan Bahan Pangan

Pemisahan bahan pangan dapat dilakukan dengan fasa yang sama ataupun berbeda.

     Fase padat dengan padat misalnya ketika memisahkan beras dengan batu dapat dilakukan dengan menampi yaitu dengan menggerakan tampah (alat untuk menampi) turun dan naik sehingga batu dapat terpisah dengan beras. Jika partikel yang ingin dipisahkan halus, dapat dilakukan dengan sentrifusi.

     Fase cair dengan cair misalnya untuk mendapatkan minyak kelapa dapat dilakukan dengan memeras kelapa terlebih dahulu hingga didapat santan. Setelah itu santan dipanaskan hingga air menguap dan hanya menyisakan minyak kelapa. Teknik serupa dapat digunakan dalam mengolah minyak kemiri.

     Fase cair dengan padat misalnya untuk mendapatkan senyawa aromatis (misalnya dari bunga) dapat dilakukan dengan ekstraksi bunga-bunga aromatis terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan teknik destilasi sehingga didapat embun-embun aromatis. Teknik seperti ini dapat digunakan jika titik didih pelarut dan zat terlarut memiliki selisih jauh.

     Pengolahan pati secara tradisional dan modern berbeda. Secara tradisional, pengolahan pati menggunakan alat seperti selokan yang panjang yang agak miring. Larutan akan dialirkan dan lama- kelamaan akan larutan akan semakin jernih karena pati menempel pada sekat-sekat alat tersebut.
Sedangkan pada pengolahan pati secara modern, singkong digiling sembari dicampur dengan air hingga didapat larutan campuran air dan pati. Kemudian larutan tersebut diputar dengan sentrifugal sehingga didapat protein, lalu diputar dengan sentrifugal sekali lagi, dipisahkan airnya sehingga didapat pati basah. Pati basah kemudian diupkan hingga didapat pati kering.

No comments:

Post a Comment