Sunday 25 October 2015

Format Makalah

Dalam pembuatan suatu karya ilmiah, diperlukan format yang tepat dalam menyusun karya ilmiah tersebut. Format tersebut akan disampaikan sebagai berikut.

● Judul

● Kata pengantar

● Daftar isi

● Daftar tabel, daftar gambar
Jika pada makalah hanya terdapat 1-2 buah tabel ataupun gambar, maka tidak perlu membuat daftar tabel dan daftar gambar

● BAB 1 : Pendahuluan
            Pada bab 1, terdapat beberapa hal yang perlu dicantumkan seperti latar belakang, tujuan/rumusan masalah, dan hipotesis. Pada subbab latar belakang, terdapat informasi umum, sejarah, dan alasan berkaitan isi makalah tersebut.

● BAB 2 : Tinjauan Pustaka
            Pada bab 2, terdapat 2 subbab yaitu dasar teori yang berisikan uraian ilmiah yang biasa didapat dari jurnal-jurnal, dan metodologi yang menjelaskan tentang metoda-metoda yang ingin digunakan dalam pembuatan karya ilmiah.

● BAB 3 : Hasil Penelitian / Proses
            Dalam bab 3, diuraikan secara spesifik bagaimana proses keseluruhan, alat yang digunakan hingga mencapai hasil akhir. Selain itu, jika pada penelitian terdapat perhitungan yang singkat, maka dapat dicantumkan di bab 3.

● BAB 4 : Perhitungan dan Pembahasan
            Pada bab 4, memuat perhitungan-perhitungan yang panjang dan matematis. Persamaan pada bab ini biasa dituliskan dengan “pers. 1” sehingga ketika persamaan ini dibutuhkan kembali, tidak perlu menulis ulang persamaan tersebut. Bab 4 juga menguraikan jumlah hasil yang didapat dengan menggunakan proses yang telah diuraikan pada bab 3.

● BAB 5 : Kesimpulan dan Saran
            Bab 5 memuat tentang kesimpulan dan saran untuk penelitian. Saran yang dibuat dapat ditujuan untuk peneliti selanjutnya, maupun untuk masyarakat luas.

● Lampiran-lampiran
            Lampiran dalam suatu karya ilmiah dapat berupa seperti data tabel yang sangat banyak.

No comments:

Post a Comment